Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan



Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan segera datang, apa saja yang perlu kita siapkan agar kita bisa memaksimalkan kesempatan beribadah di bulan ini dan tidak ada penyesalan di kemudian hari. Berikut adalah persiapan yang bisa kita mulai dari sekarang untuk menyambut bulan Ramadhan :


1. Memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban. Ini bertujuan untuk pemanasan berpuasa sebelum Ramadhan. Dan juga merupakan sunnah yang dicontohkan oleh rasulullah, sebagaimana hadis dari Aisyah : “Saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih banyak berpuasa kecuali di bulan Sya’ban.”

2. Membayar hutang puasa yang belum ditunaikan.

3. Memperbanyak membaca Al-Quran.

4. Bertaubat dengan dosa dan kesalahan yang telah diperbuat dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

5. Mempersiapkan ilmu agama seputar ibadah bulan Ramadhan.

6. Memepersiapkan bekal harta untuk sadakah, infak ataupun zakat ketika bulan Ramadhan.

7. Menjauhi membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, mulai menggunakan waktu untuk ibadah misal dengan berdzikir, melihat/mendengar ceramah, membaca buku agama dll.

8. Menjalin pertemanan dengan mereka yang rajin beribadah serta menjauhkan diri dari lingkungan yang tidak mengajak pada amal shalih.

9. Meminta maaf pada orang-orang yang telah kita sakiti, serta menjauhi diri dari pertengkaran dan amarah kepada orang lain.

10. Berdoa kepada Allah agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan dan bisa beraktivitas ibadah maksimal pada bulan Ramadhan.

0 comments