Apa Saja Yang Didapat Dari Beasiswa Turki ?


Beberapa hari ini ada yang mengusik pikiran saya, apalagi kalau bukan soal beasiswa pemerintah Turki. Entah kenapa saya jadi kepikiran soal beasiswa yang membuat saya bisa sampai ke negeri impian ini. Saya lebih senang menyebutnya dengan negeri impian. Bukan impian saya semata, tapi negeri impian leluhur mulia kita, siapa lagi kalau bukan baginda Nabi Muhammad saw. Bahwa Beliau lah yang memimpikan negeri indah di seberang benua ini. Beliau memimpikan sebuah negeri yang cahaya langitnya umpama permata zakut biru yang berkilauan cerah. Beliau telah dahulu memimpikan sebuah negeri yang tempatnya indah tak bisa tergambarkan oleh lisan dan tulisan. Beliau lah yang memimpikan penaklukan agung oleh panglima agung dengan pasukan terbaiknya. Penaklukan yang dicatat dalam berbagai sejarah dunia. Konstantinopel 1453, Turki.

Kembali ke beasiswa pemerintah turki. Disini tulisan saya adalah soal beasiswa yang akan di dapatkan oleh para winner scholars. Atau beasiswa apa saja yang akan kita dapatkan disini. Sebelum saya menuliskan lebih lanjut, saya ingin sekadar memberi tambahan. Bahwa saya merasa beruntung, beruntung karena selain cita-cita saya terwujudkan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri, tapi juga saya mendapatkan beasiswa yang tergolong besar di banding dengan beasiswa di negara lain. Oke let's we see..

1. Uang Bulanan.

Yang pertama apalagi kalau bukan soal uang bulanan yang akan kita dapatkan. Ya, soal uang bulanan. Alhamdulillah kabar terakhir yang saya dapatkan adalah adanya kenaikan jumlah nominal perbulan untuk semua jenjang. Jadi untuk tahun depan (2014) uang sudah berbeda dengan tahun sebelumnya. Dan untuk kami-kami yang sudah disini, uang akan naik mulai bulan januari 2014.
a) S1 : 600 TL
b) S2 : 850TL
c) S3 : 1200 TL*

*TL adalah mata uang Turki, atau Turkish Lira. 1 Lira sekitar Rp.4.600. Mohon dihitung sendiri.

2. Tempat Tinggal atau Akomodasi

Kalau soal tempat kita menginap di negeri impain ini bukan masalah yang perlu dipikir berat-berat. Karena beasiswa Turki ini memberi kita kesempatan untuk tinggal di asrama pemerintah tanpa dipungut biaya sepeserpun. Dengan fasilitas yang berlimpah. InshaAllah sangat nyaman untuk para pencari ilmu di negeri orang. Kalaupun kita mau menyewa apartemen atau rumah itu bisa saja. Tapi tak ditanggung biaya oleh beasiswa ini. Jadi pakai uang dari beasiswa kita sendiri. 

3. Biaya Pendidikan alias Kuliah

Kita tak di pungut biaya apapun untuk kuliah selama masa belajar. Kalau s1 ya 4 tahun. Jadi biaya tentang pendaftaran, semester atau apalah tak akan kita keluarkan. Alhamdulillah.

4. Makan

Soal makan, alhamdulillah di asrama sarapan pagi dan makan malam ada diskon. Sarapan berdiskon 3 TL dan malam berdiskon 6 TL. Sehingga kita hanya mengeluarkan uang 3 TL saja untuk tambahan jika makan lebih dan untuk makan siang dikampus yang juga murah.

5. Asuransi Kesehatan

Soal kesehatan sangat urgen bagi penerima beasiswa. Apalagi kita yang memiliki iklim beda. Dan di beasiswa pemerintah turki ini menyediakan asuransi kesehatan gratis di rumah sakit pemerintah dan biaya muarah di rumah sakit swasta. Tapi kita selalu berharap bahwa kita akan tetap sehat wal 'afiyat di negara impian. Amiin.

6. Les Bahasa Turki

Satu lagi yang juga sangat urgen adalah bahasa. Di negara orang tentulah bahasa yang digunakan bukan bahasa indonesia. Dan tentunya untuk berinteraksi dengan orang-orang perlulah pemahaman bahasa di negara itu. Dan salah satu tujuan beasiswa ini adalah menyebarkan bahasa turki ke seluruh dunia. Makanya tak salah jika beasiswa ini juga meliputi beasiswa setahun les bahasa turki dan non biaya. Sehingga jika kita mengambil s1, maka kita akan lebih lama kuliah setaun. menjadi 5 taun. Dengan setahun belajar bahasa turki. Begitupun dengan s2 dan s3. Walaupun beberapa di kuliah yang mengambil jurusan dengan bahasa pengantar bahasa inggris sekalipun WAJIB yang namanya mengikuti les bahasa turki setahun ini.

7. Transportasi

Transportasi disini maksudnya adalah tiket dari negara asal menuju tanah impian turki. Dan ternyata memang beasiswa ini menanggung tiket penuh untuk kedatangan kita pertama ke turki dari Indonesia dan tiket pulang setelah kita lulus. Denga maskapai terbaik di Eropa, apalagi kalau bukan Turkish Airlines. Dengan ini lengkaplah sudah kelebihan beasiswa pemerintah turki ini dibanding dengan beasiswa lain yang tak menanggung tiket kedatangan. 

Begitulah beasiswa yang akan kita dapatkan dari Beasiswa pemerintah turki ini. Atau disebut dengan Turkiye Burslari / Turkish scholarships. Dan demikian tulisan ini. Semoga kedepannya masih bisa share lagi soal yang lain tentang serba-serbi beasiswa pemerintah turki ini.

Semoga kawan-kawan semakin bertekad kuat untuk berjihad menuntut ilmu mengarungi benua yang pernah diimpikan Rasul ini. Amiin InshaAllah. 
Untuk lebih lanjut soal penawaran beasiswa ini bisa dibuka Beasiswa Pemerintah Turki.

Salam dari dinginnya kota Ankara, Turki.
22.10
14-12-13

diupdate : 19-03-2016

0 comments