Pengantar untuk Beasiswa Turki

Angin malam ini semakin membuat badan saya menggigil di pojok kamar 421 ini. Suara mobil sepertinya tak henti-henti mengganggu telinga saya, bising sekali. Ah, Ankara malam hari sepertinya tak bisa berhenti beraktivitas. Sudahlah, kehidupan monoton disini seharusnya kadang di sela dengan isthirahat rohani maupun istirahat yang bermanfaat.

Oh iya, sampai lupa. Beberapa hari ini saya sudah banyak pertanyaan mengenai beasiswa ke turki. Dan biasanya saya hanya menjawab kalau bersabar dulu. InsyaAllah nanti ada Jalan. Jadi lakukan planing terdekat dulu, karena kemungkinan besar beasiswanya masih lama akan dibuka lagi. Makanya pakai skala prioritasnya dulu. Kalau ada ujian ya mikirin ujian dulu, dipersiapkan matang-matang, karena untuk S1 nilai ujian nasional salah satu hal yang dipertimbangkan. Dan mulai sekarang mulai sedikit demi sedikit belajar berbicara bahasa inggris, karena bahasa harus dipraktekkan tak hanya dibaca dan didengar. Dan tahap wawancaranya nanti pakai bahasa inggris, bukan bahasa planet.

Tentang beasiswa turki. Ah, mungkin saya memang sangat masih beginner soal ini. Dan menurut saya sendiri banyak sekali blog-blog senior yang sudah banyak menyibak tentang beasiswa ini.
Sekali lagi, saya masih beginner soal ini. Jadi tulisan saya ini tak bisa sepenuhnya jadi acuan. Sebenarnya saya tak mau menulis tentang tips ataupun lainnya. Tapi ternyata tulisan-tulisan saya mengenai pengalaman saya menemukan beasiswa turki hingga proses wawancara sudah terposting rapi dalam blog ini. Jadi saya tak susah-susah lagi mengingat momen penting saya itu. Hehe.

Tulisan ini bukan sebagai inti ataupun apalah namanya. Tapi hanya sebagai opening saja, hanya sebagai pengantar para scholarships searcher yang hari-hari terakhir ini mengusik message facebook saya. Tapi saya kadang tak bisa menjawab sepenuhnya. Karena kesibukan saya di TOMER memang tak bisa diduakan. Ya, saya harus belajar keras bahasa turki, tak boleh leha-leha.

Saya ulangi sekali lagi, ini adalah opening. Opening yang sederhana saja. Opening yang memompa semangat siapa saja yang membaca InsyaAllah.

Beasiswa Turki adalah salah satu beasiswa besar yang diberikan oleh negara pemberi beasiswa. Bukan oleh Pemerintah Indonesia. Beasiswa lain yang lebih bergengsi adalah beasiswa Jepang, Korea, Inggris dll. Tapi beasiswa Turki ini tergolong beasiswa yang cukup enak dan mudah bagi para applicantsnya. Karena apa ? Karena tak perlu melewati tes tes yang berbelit semacam toefl, ataupun lainnya. Cukup 2 tahapan yang itu juga simpel sekali.

Tahap 1 adalah berkas. Jadi tahapan ini adalah tahapan berkas-berkas kita. Yang terdiri dari tes nilai ujian nasional, transkrip rapor, piagam dll. Dan tahapan ini kita hanya upload saja, tak repot-repot mengirimkan ke kedubes langsung.

Tahap 2 adalah tahapan terakhir. Jika tahapan berkas kita lolos (insyaAllah) maka selanjutnya adalah wawancara. Dan wawancaranya adalah memakai bahasa Inggris. Tidak pakai bahasa selain inggris. Kalau sudah bisa bahasa turki, bisa mencoba pakai bahasa turki. Hehe, kalau sudah pede, tapi kalau belum ya mendingan pakai inggris saja.

Oke, sepertinya untuk pembuka hanya ini cukup. InsyaAllah saya share lagi berikutnya. Soal beasiswa yang ditawarkan hingga program apa saja yang disediakan. Semoga bisa berjumpa lagi di lain kesempatan. Amiin, InsyaAllah.

Logo penyelenggar beasiswa Turki
Biasanya disingkat YTB
 #Ankara malam
20.57

0 comments