Salam Lebaran dari Turki

Ramazan Bayram Mübarek Olsun - Istanbul
Engkau tau seberapa jauh jarak Antara Turki dan Indonesia ? Anggap saja jutaan kilo dan terbentang luas samudera. Dan itulah sekarang, di saat biasanya hari raya idul fitri biasanya berkumpul dengan keluarga di rumah, tapi saya masih saya berkutat dengan Ankara. Walaupun juga tak bisa dibilang sendirian, karena ada kawan-kawan yang bisa menggantikan peran keluarga di luar negeri ini. Tapi, semuanya pasti berbeda. Termasuk ini adalah lebaran pertama saya jauh dari keluarga dan kawan-kawan lama. Tak ada baju baru, tak ada uang fitrah, yang ada hanya rasa rindu akan aroma lebaran di kampung halaman.  

Ramadhan kali ini rasanya lebih spesial -mungkin- karena saya alhamdulillah bisa melewatinya dengan lancar. Walaupun agak berat karena harus menahan haus, lapar dan nafsu sekitaran 17 jam dengan kondisi suhu panas di Turki 30-40 derajat celcius. Tapi alhamdulillah, kini semuanya tuntas dan selesai. Walaupun pas awal ramadhan sempet pergi ke kota lain untuk beberapa keperluan. Namun, menjadi musaffir tak harus membatalkan puasa bukan ? Selama kemampuan itu ada, saya masih harus berpuasa -gumam saya-.

Oh iya, mungkin idul fitri tahun ini pun rasanya juga spesial karena saya melewatinya di negeri orang. Pasti rasanya juga berbeda dengan idul fitri di Indonesia. Tapi semuanya pasti memiliki rasa khas yang berbeda beda. Yang jelas, besok adalah waktu yang dinanti-nanti selama satu bulan. Hari kemenangan, hari idul fitri. 

Seberapa jauh antara Turki dan Indonesia, namun semuanya tak menghalangi saya untuk tetap meminta maaf lahir batin kepada reka-rekan semuanya. Baik yang ada di Turki maupun di Indonesia khususnya. Semoga kita tetap bisa dipertemukan dengan ramadhan tahun depan lagi, Amiin.
Semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan ini diterima oleh Allah azza wajalla. Amiin. 

Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Ramazan Bayram Mübarek Olsun. Mohon maaf lahir dan batin.
TaqabbbalaLLahu Minna wa Minkum, Shiyaamanaa wa shiyaamikum, sholatanaa wa sholaatakum.
Kullu 'amin wa Nahnu bikhoir wa IlaaLLahi Aqrab. Amiin. 

0 comments