Tomerku Telah Usai

Sudah berapa minggu ya tak bisa menulis blog lagi ? Atau mungkin sudah beberapa tahun rasanya. Yang jelas sebanarnya bukan gak bisa menulis, tapi tak bisa meluangkan waktu serta ide dan gagasan buat menulis lagi. Apalagi karena kesibukan wira-wiri Ankara Istanbul juga wira wiri gak jelas dari Asrama ke rumah-rumah. Yang jelas terkadang meluangkan waktu dan pikiran lebih sulit daripada meluangkan uang *eh. 

Jadi ceritanya, saya ingin sedikit berbagi kesan tentang rasanya lulus TOMER. Yaitu lulus dari lembaga les bahasa Turki yang paling sulit di Turki, Ankara univ Tomer. Rasanya bangga sekaligus syukur sekali, karena di setiap level bisa naik terus tanpa harus tinggal kelas. Pun di level terakhirnya, akhirnya lulus dengan nilai yang lumayan Alhamdulillah. 

Kalau saya memflashback awal-awal di Tomer, rasanya memang malu. Karena dulu pengetahuan bahasa turki saya yang masih nol dan sulit berkembang. Tapi semenjak saya mulai berani duduk di depan kelas, banyak bertanya, dan tentunya bergaul dengan orang turki dan teman TOMER dengan menggunakan bahasa turki, bahasa turki saya bisa berkembang. 
Oh iya, jadi inget kalau dulu sempet nulis pengalaman pertama di kelas Tomer. Di catatan facebook. Bisa disimak lagi di : https://www.facebook.com/notes/al-farid/hari-pertama-masuk-t%C3%B6mer/625487764139113 . Semoga ceritanya bermanfaat.

Untuk kali ini, pengalaman luar biasanya adalah lulus dan akhirnya mendapat sertifikat C1. Semoga dengan lulusnya saya dari Tomer juga bisa lebih meningkat lagi bahasa turkinya, dan bisa paham buku akademik-akademik di kampus nanti, Amiin.

Ankara dalam sepi, 14-07-2014

Bersama guru terbaik kami, Dilek Hoca

Akhirnya kita anak indo s1 lulus semua

Alhamdulillah, lulus semua dan pakai jas semua

Bersama teman terbaik (Nawaz - India), nilai tomernya tinggi banget

Ini kaya gaya-gaya awal di turki dulu, di depan tomer

Jempol untuk kita semua

0 comments