Sharing Sembari Menunggu

Bismillah,
Jemari ini mulai melaju perlahan. Merangkai kata demi kata. #ah lebay :p
Malam ini aku ingin menuliskan sesuatu, tentang sebuah kegalauan yang melanda para calon penerima beasiswa pemerintah turki taun 2013 ini, InsyaAllah, Amiin.
Kalau saya bisa katakan, beasiswa dari pemerintah turki ini tergolong sangat unik ya. Mulai dari proses apply data, hingga menjelang detik2 final result. Kenapa ya aku bisa berpikir seperti itu? entahlah. Tapi berikut beberapa alasan yang bisa ku utarakan, kenapa beasiswa YTB (pemerintah turki) tergolong beasiswa yang unik :
 1.Yang paling awal dan cukup unik ialah, Proses apply data tergolong sangat gampang dan simple, tak seperti apply di beasiswa lainnya. Pun syarat-syarat nya tergolong mudah di lengkapi. Dan kita tak harus ribet membuat essay atau semacam opini berbelit beribu ribu karakter ataupun spasi. Hoho, hanya butuh beberapa tulisan dan pertanyaannya pun simple banget. Alhasil dengan google tarjim pun bisa deh. #haha, kaya aku. *rahasia*. Tapi kalo menurutku tak cukup gunain google, kita juga harus cermat mengeditnya. Karena otak google tak seperti otak manusia, hoho,, kamu manusia atau bukan?
2. Kemudian tahap selanjutanya ialah milih universitas, wah, ini juga plusnya beasiswa YTB, karena kita di sediain kesempatan tuk milih 12 universitas sesuai dengan pilihan hati nurani kita. Apa gak keren, kita suruh milih 12 univ, minimal milih 3 hlo.. wah, padahal SNMPTN ato apalah di Indo, kita hanya bisa milih 2 univ, itupun yang 1 univ harus di provinsi kita. Ah, lebih enakan turki dong ya, kita bisa milih universitas bergengsi di turki, pokoknya terserah kita mau milih univ mana. Hoho, yang penting sebelum memilih kita harus sudah tau dulu univ nya, ranking nya, dll nya. Dan yang paling penting kita harus memprioritaskan pilihan awal untuk univ favorit kita. Karena pihak YTB akan melihat list univ yang kita pilih mulai dari pilihan pertama hingga terakhir.
3.  Tahapan yang tak kalah simple dan unik adalah ‘interview’, kalo di beasiswa lainnya penilaian beasiswa dilihat dari data, tes, kemudian wawancara. Tapi kalau untuk beasiswa YTB ini, seleksi hanya data dan wawancara. Apa gak simple banget, padahal di Indo saja, kalo tes mandiri atau semacamnya kita perlu melewati tes2 yang ribet mulai tes psikologi, tes kemampuan dasar, fisik, ah, apalah pokoknya. Yang jelas beasiswa turki ini termasuk simple deh. Pun wawancaranya itu hanya dalam hitungan menit, makanya yang dari jauh2, apalagi pelosok #kayak aku, agak nyesel datang dari jauh2, eh hanya beberapa minute saja interviewnya.. tapi gak pa2 lah, niat kita interview itu untuk tholabul’ilmi juga, ntar dapet hasil yang terbaik, InsyaAllah. Amiin.
4.  Selanjutanya yang juga sangat menarik dari beasiswa ini adalah, semua info maupun berita mengenai beasiswa ini sudah banyak tersebar lewat jejaring FB. Bahkan ada grup tersendiri yang anggotanya itu applicants seluruh dunia dari mulai yang undergraduate sampe yang master sekalipun. Dan grup ini langsung diampu oleh salah satu panitia YTB langsung. Jadi kalo ada pertanyaan, beliau yang menjelaskan. Menarik bukan? Setauku beasiswa lain mana ada yang gunain FB untuk tanya jawab, hehe.. top deh buat YTB. J
5.  Dan yang paling menarik dari beasiswa ini adalah para aplicants di beri kesempatan luaas sekali untuk ber-PHP ria. Hoho, tepat sekali, berPHP menunggu datangnya inbox di e-mail mereka. PHP menunggu datangnya sebuah kemenangan, lagaknya usai melaksanakan pertempuran besar. Bahkan PHP menunggu tiket keberangkatan pesawat juga, pokoknya kalau ikut dalam beasiswa ini. Kita seperti dalam PHP area deh. Sampe terkadang kita rajin sekali buka email tiap hari, hanya untuk menuggu kabar bahagia. Seperti itulah, bahkan jika di FB ada yang updates status “lolos” (entah lolos apa?) kita langsung berlomba-lomba cek email masing2. Padahal yang updates status itu orang tak dikenal. Hahaha...
Sebenanya masih banyak lagi sih keunikan lain dari beasiswa YTB ini. Tapi, ntar malah jadi mumet dan tambah PHP kalo tak jelasin secara gamblang. Ya, sekadar iseng2 ajah nulis, sembari kembali memantapkan hati dan menjauhi virus GALAU dalam menunggu final result. Karena setiap hari kita punya harapan, makanya kita selalu PHP,, jadi teruslah berharap bahwa berita gembira itu datang hari ini. Kalaupun hari ini belum kunjung datang, besok kita yakinkan hati ‘InsyaAllah hari ini’. Setiap hari seperti itulah kita.. Semoga dengan tulisan ini, bisa menggugah semangat kita, karena berharap itu mubah kok. Sunnah malah, asalkan harapan kita itu harapan positif. Semoga harapan baik kita selalu berkesinambungan dengan yang terbaik menurut Allah. Amiin.
#TURKEY WELCOMES US J
Malam hari, 23 agustus 2013 dilanjutakan pagi hari 24 agustus 2013. Sembari menunggu datangnya hasil yang terbaik dari Allah. Bismillah, InsyaAllah. Amiin.
By : Abdurrahman Al Farid

Calon Undergraduate student Ilahiyat faculty, Istanbul University.    

0 comments