Cas Cis Cus Beasiswa Turki 2013

Saya menyebutnya edisi cas cis cus Beasiswa Turki 2013. Hlo, kenapa namanya cas cis cus ? Karena dalam tulisan ini hanya ada cas cis cus saja mengenai beasiswa Turki di tahun 2013 kemarin. Iseng-iseng nulis buat penyemangat para punggawa pendaftar beasiswa turki 2014.
Saya hanya akan membagi skenario saja, tentang email dari YTB yang telah saya terima mulai dari proses pendaftaran hingga saya lulus dan sampai di Ankara, Oke, mari kita simak bersama...

1. Pembukaan Beasiswa Turki S1 2013 (undergarduate) (6 Mei 2013 - 6 Juni 2013)












Yaitu proses aplikasi online, dengan cara membuat akun dan melengkapi semua berkas secara online. Diberi waktu selama kurang lebih satu bulan untuk mengupload dan menyelesaikan berkas. Dan dalam waktu itu saya baru mempelajari aplikasinya, jadinya agak lambat. Karena sewaktu itu belum ada web, blog yang secara detail memberi penjelasan tentang aplikasi online ini. Saya hanya mengandalkan tanya jawab PPI Adana Turki yang biasanya di jawab di Fb waktu malam Indonesia. Tapi tak apa, karena hasil akan di capai seperti usaha yang dilakukan. Saya tanggal 14 Mei mendaftarkan diri, dan itu adalah seminggu pertama setelah aplikasi dibuka, bersama 2 teman sembari menunggu hasil ujian nasional yang belum keluar, karena ujian nasional baru diumumkan tanggal 24 Mei 2013. Saya langsung mendapat email konfirmasi waktu itu.



 Setelah cukup lama... 


Akhirnya saya bisa menyelesaikan aplikasi online saya, tepat ketika penutupan beasiswa tersebut yaitu tanggal 6 Juni 2013. Saya benar-benar tak sampai mencari universitas yang terbaik waktu itu. Saya hanya tau 3 universitas, dan itu yang saya pilih di 3 urutan atas, Istanbul Univ, Ankara Univ dan Marmara Univ.

2. Pengumuman interview  (27 Juni 2013)


Pengumuman interview waktu itu benar-benar membuat saya terkejut dan terkaget-kaget. Pasalnya saya mengira bahwa akan diumumkan sebulan setelah aplikasi online, tapi ternyata 20 Hari setelah aplikasi online ditutup. Benar-benar di luar dugaan, karena waktu itu hape saya sudah habis pulsa maka saya bisa membuka nya siang hari, dari info seorang teman yang sudah upload suratnya di pagi hari. Padahal waktu itu mau berenang bersama kawan2, eh akhirnya dapet surat interview. 10 Hari sebelum interview surat itu sudah dikirim, jadi harus langsung bersiap-siap, memikirkan bagaimana ke jakarta, dimana tinggalnya, dan semua berkas dan jawaban yang disiapkan untuk pertanyaan di kedubes. 

3. Pengumuman LOLOS BEASISWA :) 24 Agustus 2014

"Kalian tak kan pernah tau bagaimana rasanya mendapatkan hasil sebelum kalian sepenuh usaha kalian"
Setelah menunggu sekitar sebulan lebih, akhirnya tanggal 24 Agustus 2014 tepatsetelah sebulan melaksanakan puasa dan kegalauan menunggu hasil. Terutama saya yang tak satupun mendaftarkan diri di univ indonesia. Saya hanya bisa mengandalkan turki. Tapi Alhamdulillah, Allahu Akbar, saya bisa LOLOS dan mendapat universitas Pilihan kedua saya, Ankara University.

4. Membuat Visa  (28 Agustus 2014- 6 Sepetember 2014)

 Dalam isi email penerimaan beasiswa itu ada ketentuan bahwa kita harus membuat visa di kedutaan besar lagi pada tanggal di atas. Makanya waktu saya ketrima beasiswa itu saya langsung membuat paspor, dan itu saya juga memaksa ke pekerja disana agar bisa dicepatkan. Dan perlu juga translete ijazah, dan rapor ke bahasa Inggris. Serta tes kesehatan. Pokoknya waktu itu saya harus sibukkk -_-. Sembari menyiapkan keberangkatan ke jakarta lagi dari solo, dan sendirian :(

5.  Informasi untuk mengisi Angket


Setelah Visa kita jadi, maka kita sudah terdaftar sebagai orang yang benar positif dan menerima beasisiswa Turki. Makanya setelah itu kita di suruh mengisi angket untuk ke tahap selanjutnya. Yaitu angket untuk tiket pesawat, asrama dan tomer.

6. Asrama
Email tentang Asrama, dimana kita di tempatkan. 

7. TOMER

8. Pesawat (24 September 2013) 
Pengumuman pesawat benar-benar dadakan. Dan itu kita diberi waktu sekitar 5 hari untuk menyiapkan ke jakarta. Saya mendapat reervasi tanggal 24 september untuk keberangkatan 29 september bersama seluruh mahasiswa s1 dari indonesia. Dan ternyata.... Saya mendapat masalah, Yaitu tiket saya gak bisa terbuka. Hingga akhirnya saya tidak berangkat bersama s1 semua, tapi hanya satu orang yang juga bermasalah. Kami berangkat berdua saja -_- yaitu tanggal 2 Oktober 2013. Dan itu adalah pengalaman yang tak pernah di dapatkan orang lain. Jadi harus siap dengan segala kondisi... Temasuk #diPHPin

9. Akun Bank belum siap
Akun bank belum siap.. 

10. Akun Bank
Akun bank untuk uang beasiswa kita telah siap. Hore.. 10 Oktober 2013. 

Begitulah cas cis cus beasiswa turki. Sekali lagi, selamat di PHPin... Hahaha,,

Salam,, Ankara, 09.03.2014

1 comments: