Ujian Akhir Semester - FINAL


Musim dingin telah datang di Ankara, artinya liburan pun segera tiba. Namun, sebelum adanya liburan musim dingin tentunya ada yang harus dihadapi dengan penuh pengorbanan sekaligus doa, ujian final semester 1. Ya, InshaAllah ujian final semester satu akan dimulai tanggal 5 Januari, atau awal bulan depan. Apa yang perlu dipersiapkan ? Tentunya yang pertama adalah minta doa restu dari abah dan ibuk. Ngomong-ngomong tentang abah dan ibuk saya mau sedikit cerita tentang mimpi yang saya alami minggu-minggu ini. Entahlah, semuanya bercerita kalau saya pulang ke Indonesia. Saya bingung saja, pertanda apakah itu. Apakah memang summer (musim panas) tahun depan saya harus benar-benar pulang. Apakah saya sudah dirindukan sekali oleh keluarga. Yang jelas, tak pernah luput nama mereka selalu dalam doa. Terus ingat kedua orang tua kita, dimanapun kita berada. 

Kalau bicara soal ujian, permasalahan utama yang kerap kali dihadapi oleh mahasiswa asing seperti saya adalah soal bahasa. Bahasa merupakan kendala yang paling menghambat mahasiswa asing baik di dalam proses KBM maupun dalam ujian. Walaupun tidak secara keseluruhan, namun kebanyakan dari kami memang terkendala oleh persoalan bahasa. Makanya, kadang kami menyesal, kenapa di TOMER (les bahasa) kami tidak sungguh-sungguh dan memperbanyak membaca buku turki. Namun, semuanya pasti perlu dihadapi dengan cara masing-masing. Ada yang menambah jam belajar, adapula yang belajar kelompok dengan orang turki, adapula yang masih sibuk dengan media sosialnya, seperti saya, hehe. Walaupun ada juga hoca (dosen) yang secara khusus memberi tugas untuk mahasiswa asing agar bisa mendongkrak nilainya di ujian. Tapi semuanya tetap sama, tergantung orangnya itu sendiri. Kalau memang dasarnya males, ya akhirnya tetep males saja kalau tidak merubah kebiasaannya.

Melihat hasil ujian tengah semester lalu, sepertinya saya perlu berjuang keras untuk mengahadapi ujian final. Karena ada satu dua pelajaran yang mendapat nilai dibawah rata-rata. Bahkan ada satu pelajaran yang dibawah banget, jatuh. tentunya berbahasa turki. Maka dari itu, di final harus dapet nilai lebih. Jika tidak, bener-bener harus ngulang pelajarannya di tahun depan.

Sepertinya sudah cukup untuk bincang-bincang soal ujiannya. Ntar cerita soal liburan musim dingin kali ya. Pingin banget musim dinginan di maroko. Hayo, ada siapa di maroko ? Ada casablanca :)
Semoga aja kecapai liburan kesana, sambil nabung buat beli tiket pulang ke indo.. 

Musim dingin yang hangat dalam bilik kamar 414, 
20-12-2014 / 16.40

0 comments